Selasa, 20 Desember 2011

PHYTON





ULAR SANCA KEMBANG
Python reticulatus
Ular piton atau dikenal sebagai ular sanca merupakan keluarga Phytonidae yang terdapat sekitar 26 jenisnya di dunia. Bersama dengan Anaconda, Ular piton merupakan ular terbesar di kelompoknya.
Ular Piton atau Sanca kembang merupakan jenis piton yang ditemukan di Asia Tenggara. Jenis Piton sendiri memiliki 7 spesies di dunia dan untuk piton batik sudah terdapat beberapa variasi jenis yang merupakan hasil perkawinan silang, antara lain tiger albino piton, sunfire golden piton, calico, ivory dan lain sebagainya.

Habitat piton adalah hutan basah, rawa, sungai dan danau. Sarangnya juga ditemukan di gua dan daerah berbatu.
Ular dewasa dapat mencapai panjang 8.7 m, oleh karena itu ular piton kembang merupakan ular dan reptil terpanjang di dunia.Menurut The Guinness Book of World Records tahun 1991 mencatat piton kembang sepanjang 10 meter sebagai ular yang terpanjang.
Ular Pito merupakan jenis ular yang menghabiskan waktunya berada di pohon dengan cara memanjatnya dan ular jenis ini juga memiliki kemampuan berenang sehingga dapat berpindah tempat ke pulau-pulau lain dalam jangkauannya.
Ular piton bersifat nokturnal atau aktif malam hari. Hewan karnivora ini, makanan utamanya adalah mamalia kecil, burung dan reptilia lain seperti biawak. Ular yang kecil memangsa kodok, kadal dan ikan.
Walaupun tampak berbahaya, namun ular piton ternyata tidak memiliki bisa. Cara piton berburu adalah dengan cara mengendap mendekati mangsanya atau berdiam diri sampai mangsanya mendekat lalu mencengkram mangsanya dengan rahang yang besar lalu meremukkan tubuh mangsanya dengan lilitan otot tubuhnya.
Metabolisme ular sangat lambat. Sehabis menelan mangsanya dibutuhkan waktu berhari-hari bahkan mingguan utnuk membuatnay makan kembali.
Ular piton termasuk ular yang berumur panjang, hingga lebih dari 25 tahun. Ular piton dewasa setelah berusia 3 – 4 tahun.
Musim kawin berlangsung antara September hingga Maret di Asia. Ular betina memiliki tubuh yang lebih besar. Jantan maupun betina akan berpuasa di musim kawin, sehingga ukuran tubuh menjadi hal yang penting di sini. Betina bahkan akan melanjutkan puasa hingga bertelur, dan sangat mungkin juga hingga telur menetas.
Ular piton dapat menghasilkan telur 60 – 100 telur, dengan suhu inkubasi 31 - 32 °C, dan akan menetas setelah masa pengeraman 80 - 90 hari.  Setiap telur berukuran 10 – 13 cm, dan ketika menetas bayi ular berukuran 61 – 91 cm.
Sanca Kembang SeaWorld Indonesia
Sanca kembang ini berasal dari Desa Kuro Barat, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kondisi daerahnya yang tergolong tropis basah dan terdapat sungai-sungai kecil yang cocok sebagai habitat ular piton kembang.
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
P. reticulatus

0 comments:

Posting Komentar