Kamis, 17 Maret 2011

Industri Genteng Kebumen

Genteng Sokka

Satu lagi potensi alam Kabupaten Kebumen, terutama pada tanah liatnya. Sudah cukup lama dikenal dengan industri genteng yang diusahakan di tingkat home industry. Pusat industrinya di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Sruweng, Pejagoan, Adimulyo, Klirong, dan Kutowinangun.
Nama genteng soka disejajarkan dengan industri genteng terkenal lainnya, seperti genteng Jatiwangi asal Majalengka, Jawa Barat. Hanya saja genteng Sokka masih memiliki kelemahan pada teknik pencetakan yang tradisional.


Pabrik genteng yang juga mengandalkan sumber daya alam ini, secara eksternal cukup positif karena memunculkan nama Kebumen di pasar genteng nasional khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tapi, secara internal ada plus dan minusnya. Nilai tambahnya karena hasilnya mampu menghidupi sebagian penduduk, sedangkan minusnya karena penggalian tanah liat yang tanpa aturan akan merusak lingkungan. Lahan yang diambil tanah liatnya sebagian besar merupakan bekas sawah yang dijual pemiliknya seusai panen. Alih fungsi dari lahan sawah menjadi tanah galian itu membuat lahan rusak dan tidak dapat ditanami lagi.
Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Kebumen hanya dapat mengimbau warganya untuk berhati-hati dalam pemanfaatan lahan, khususnya penggalian untuk industri genteng. Alasannya, keuntungan yang didapat dari industri ini tidak sebanding dengan kerusakan alam yang ditimbulkan. Tingkat kesejahteraan penduduk yang mengusahakannya tetap rendah karena genteng hanya sebuah produk biasa yang tak bernilai jual tinggi. Harga jual genteng Sokka saat ini Rp 500-Rp 1000 per buah.
Selain nilai produk yang rendah, pemasukan dari pajak dan retribusi juga dianggap kecil. Pajak yang diperoleh dari penggalian dan pengolahan bahan galian golongan C pada pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2001 Rp 28 juta atau 0,3 persen dari PAD. Retribusi jalan yang dikenakan bagi truk pengangkut Rp 150 per truk. Untuk pengaturan masalah penggalian tanah ini
pemerintah kabupaten belum dapat membuat peraturan daerah (perda).
Bagi anda yang tertarik dengan genteng soka, silahkan datang langsung aja ke kota kami, KEBUMEN Beriman...

0 comments:

Posting Komentar